SALAM LESTARI BUANA NUSANTARA
DESI TRI HANDAYANI, S.Pd.

DESI TRI HANDAYANI BLOG

Saturday, July 6, 2019

Workshop GBDT SD/MI Provinsi Jawa Barat Tahun 2019

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Selamat Siang Sobat semua. Postingan sekarang adalah tentang Workshop GBDT (Guru Bantu Daerah Terpencil) SD/MI Provinsi Jawa Barat Tahun 2019 yaitu Kegiatan Peningkatan Kesejahteraan Guru Bantu SD/MI di Daerah Terpencil Provinsi Jawa Barat Tahun Anggaran 2019 yang saya ikuti kemarin. Kegiatan tersebut berlangsung selama 3 hari yaitu tanggal 3 Juli - 5 Juli 2019 yang bertempat di Hotel Pesona Bambu, Lembang, Bandung.

Workshop GBDT SD/MI Provinsi Jawa Barat Tahun 2019

Dalam Platform kekurangan penanggulangan guru / Tenaga Pendidik, kebijakan strategi Pemerintah Pusat sejak tahun 2003 dan 2004 telah mengupayakan Program pengadaan Guru Bantu Sementara (GBS). Pemerintah Provinsi Jawa Barat pada tahun 2005 juga mengupayakan Program Pengembangan Guru Bantu Daerah Terpencil (GBDT) SD/MI maupun Program pemberdayaan Guru Non PNS yang bertujuan untuk membantu sekolah yang kekurangan Guru PNS agar pembelajaran tidak mengalami hambatan dan tetap dapat dilaksanakan dengan baik dan efektif. Program tersebut memberikan manfaat yang sangat signifikan dalam upaya menanggulangi kekurangan guru/tenaga pendidik di Provinsi Jawa Barat, walaupun secara kuantitatif pengadaan Guru Bantu dan pemberdayaan guru non PNS tersebut belum sepenuhnya dapat menjadi solusi memenuhi kekurangan guru untuk tiap satuan pendidikan.

Workshop GBDT SD/MI Provinsi Jawa Barat Tahun 2019

Meskipun sepenuhnya bahwa pengadaan Guru Bantu Daerah Terpencil maupun guru non PNS yang ditempatkan di daerah terpencil telah lama mengabdi dan sampai saat ini belum semuanya di angkat menjadi PNS / ASN, serta kompensasi yang diterima saat ini belum sepadan dengan standar upah minimum kelayakan (UMR), saya pribadi tetap mengucapkan syukur Alhamdulillah dan mengucapkan banyak terima kasih karena sampai saat ini Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat tetap konsisten dan memiliki komitmen yang tinggi tetap memberdayakan Guru Bantu Daerah Terpencil dan Guru Non PNS dengan mengadakan setiap tahunnya Kegiatan Wokshop Peningkatan Kesejahteraan Guru Bantu SD/MI di Daerah Terpencil Provinsi Jawa Barat.

Peserta Kegiatan Peningkatan Kesejahteraan Guru Bantu SD/MI di Daerah Terpencil Provinsi Jawa Barat Tahun Anggaran 2019 yang bertempat di Hotel Pesona Bambu, Lembang, Bandung tanggal 3 Juli - 5 Juli 2019 tersebut diikuti oleh 215 peserta dari 8 Kabupaten yang terdiri dari Angkatan III (Cirebon, Indramayu, Kuningan), Angkatan IV (Karawang, Purwakarta), Angkatan V (Ciamis, Pangandaran, Garut). Narasumber dan Fasilitator kegiatan berasal dari Pejabat Struktural Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Tenaga Ahli yang berpengalaman dalam pengelolaan Guru Daerah Terpencil dan Praktisi Pembina Guru Daerah Terpencil di Jawa Barat.

Demikian postingan kali ini tentang Workshop GBDT (Guru Bantu Daerah Terpencil) SD/MI Provinsi Jawa Barat Tahun 2019 pada Kegiatan Peningkatan Kesejahteraan Guru Bantu SD/MI di Daerah Terpencil Provinsi Jawa Barat Tahun Anggaran 2019 yang saya ikuti kemarin. Mohon maaf apabila ada kekurangan maupun kesalahan dalam penyajian postingan ini. Semoga Bermanfaat.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

0 komentar:

Post a Comment